• Register
Home  //  Informasi  //  Berita  //  BJTI PORT BERSIAP DIRI HADAPI SKENARIO “THE NEW NORMAL”
Written by Humas BJTI PORT   
Friday, 22 May 2020 00:00

SURABAYA (22/05), PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI PORT) yang merupakan anak usaha dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) tengah bersiap menjalankan skenario The New Normal sebagaimana arahan dari Kementerian BUMN dan PT Pelindo III (Persero) selaku perusahaan induk.

Seperti kita diketahui bersama, gencarnya upaya Pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 terus dilakukan, beberapa kebijakan strategis juga telah dilakukan, terbaru, dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi ditengah pandemi, pelaksanaan skenario The New Normal juga akan segera dilaksanakan termasuk di lingkungan kerja BUMN.

Minggu lalu, Kementerian BUMN mengeluarkan Surat Edaran Nomor 336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara dimana nantinya BUMN akan tetap menjalankan kegiatan usaha meskipun harus berdampingan dengan pandemi Covid-19, untuk itu, melalui skenario The New Normal pelaksanaan kegiatan usaha pada BUMN wajib dilakukan dengan memberlakukan protokol kesehatan dengan ketat untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19.

Dengan adanya Surat Edaran tersebut, PT Pelindo III Grup mendukung pelaksanaan skenario The New Normal termasuk didalamnya BJTI PORT, untuk itu BJTI PORT juga tengah bersiap melaksanakan skenario The New Normal sesuai arahan dan hal-hal terkait pelaksanaan kegiatan usaha dengan pemberlakuan protokol kesehatan yang berlaku.

“Mengenai Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Kementerian BUMN, pastinya juga akan berlaku pada BJTI PORT sebagai bagian dari PT Pelindo III Grup, untuk itu BJTI PORT tengah menyiapkan skenario The New Normal sesuai arahan dan edaran, tentunya dengan tetap melaksanakan pemberlakukan protokol kesehatan pada seluruh elemen di lingkungan kerja BJTI PORT, hal ini dilakukan demi menjaga keselamatan pegawai dan stakeholders serta memutus penyebaran dan penularan Covid-19 di BJTI PORT” Tutur Faruq Hidayat, selaku Direktur Operasi dan Teknik BJTI PORT. Faruq menambahkan, bahwa pelaksanaan skenario The New Normal ini juga sebagai upaya BJTI PORT untuk terus bekerja 24/7 dalam menjaga rantai pasok logistik nasional agar tetap berjalan dan sebagai sebagai upaya mendukung program strategis Pemerintah dalam mendorong perekonomian nasional untuk tetap tumbuh ditengah pandemi.

Pada kesempatan yang sama, Aditya Respati selaku Direktur Keuangan, SDM dan Umum, juga menyampaikan bahwa apabila mengacu pada edaran tersebut, skenario The New Normal di BJTI PORT juga akan dilakukan pada seluruh aspek kegiatan termasuk peningkatan pada tiga aspek utama, yaitu pada aspek People, Process and Technology serta Business Continuity.

“Sejak Pandemi berlangsung, BJTI PORT telah melaksanakan protokol kesehatan di lingkungan kerja sesuai dengan standar dan ketentuan, dari mulai menyediakan fasilitas cuci tangan, penyediaan hand sanitizer di sudut-sudut ruangan, penerapan physichal distancing, menerapkan aturan Work From Home (WFH) dengan jumlah kehadiran pegawai dikantor sampai dengan 50%, mewajibkan semua pegawai dan tamu yang datang dicek suhu badannya, mewajibkan penggunaan masker sampai dengan pelaksanaan protokol sebelum memasuki ruangan kantor dan terminal Berlian, dengan adanya skenario The New Normal ini, standar tersebut akan tetap dilaksanakan guna benar benar memutus rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja BJTI PORT” Ujar Aditya.

Aditya menambahkan bahwa aspek utama yang disebutkan tadi akan dilakukan dengan mengoptimalkan peran media digital dalam pelaksanaannya guna menghindari kegiatan berkumpul dan bertatap muka secara langsung. Selain itu, pada aspek People nantinya akan dilakukan penyesuaian kegiatan berdasarkan protokol dan edaran yang berlaku seperti, pemberlakuan Work From Home (WFH) untuk pegawai diatas 45 Tahun dan atau pegawai yang memiliki penyakit kormobid, penyakit kronis yang memerlukan pengobatan terus menerus, dan meningkatkan pemberlakuan physical distancing pada segala aspek kegiatan di lingkungan kerja.

Upaya lain yang dilakukan BJTI PORT pada The New Normal ini nantinya juga dengan meningkatkan intensitas penyemprotan disinfektan di lokasi area kerja BJTI PORT, pengecekan kesehatan pegawai yang dilakukan secara rutin, melaksanakan kegiatan rapid test untuk pegawai, pemberian multivitamin untuk membantu meningkatkan imun pegawai dan kegiatan lainnya yang bertujuan melindungi pegawai dari penyebaran Covid-19.

“Terakhir namun tidak kalah penting bahwa semua kegiatan tersebut akan segera disosialisasikan melalui kanal kanal media komunikasi agar dapat dipahami dan dilaksanakan oleh semua unsur yang terlibat di lingkungan kerja BJTI PORT” Tutup Aditya.

 

###

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Parajaya Edward

Corporate Secretary Manager

PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI PORT)

Jl Perak Barat No 379, Surabaya

No Telp : +62 31 -329 1596 – 9

Email : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it , This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

 

Our Location and Operating Hours

Our Address:
Pelindo Place Office Tower
Jl. Perak Timur No.478, Perak Utara, Kec. Pabean Cantikan
Kota Surabaya, Jawa Timur 60165, Indonesia
Hours of Operation:
Billing : Mon - Fri : 8am to 7pm and Sat - Sun : 8am to 3pm
Operation : 24 Hours

Statistics

Content View Hits : 1052397

Guests Online

We have 22 guests online
Scroll Up