• Register
Home  //  Informasi  //  Berita  //  TENTANG PELABUHAN HIJAU (GREEN PORT)
Written by Humas BJTI PORT   
Wednesday, 29 August 2018 00:00

Pelabuhan hijau atau Green port memang merupakan hal baru bagi sebagian besar pelabuhan nasional maupun pelabuhan internasional di Indonesia. Kendati pelabuhan merupakan restricted area, namun hampir semua ocean going port di negara maju sudah sejak lama menerapkan green port di pelabuhannya.

 


Pelabuhan tidak saja disibukkan dengan aktivitas bongkar-muat barang, namun juga sangat dekat dengan kegiatan bersifat olahraga dan wisata bahari. Namun, untuk dapat menggabungkan berbagai fungsi tersebut, pela buhan harus memiliki serta menjaga kawasan pelabuhan dengan konsep green port secara berkelanjutan.

Pencemaran pantai, terutama akibat aktivitas bongkar-muat misalnya, harus ditekan pada tingkat minimal. Demikian halnya keberadaan ruang terbuka hijau, harus diupayakan dan dijaga hingga tingkat maksimal, sehingga fungsi-fungsi konservasi di kawasan pelabuhan dapat tetap dipertahankan.

Konsep pelabuhan hijau adalah bagian dari komitmen pelabuhan-pelabuhan di dunia untuk mengurangi emisi karbon. Beberapa negara yang telah menerapkan konsep ini antara lain Belanda (Rotterdam), USA (Los Angeles), Jerman (Hamburg), Jepang, dan Korea.
Sedangkan untuk kawasan Asean, Singapura dan Malaysia tengah melangkah dalam menerapkan konsep pelabuhan hijau itu.

 

Our Location and Operating Hours

Our Address:
Jl. Perak Barat No. 379
Surabaya 60165, Indonesia
Hours of Operation:
Billing : Mon - Fri : 8am to 7pm and Sat - Sun : 8am to 3pm
Operation : 24 Hours

Statistics

Content View Hits : 717289

Guests Online

We have 1235 guests online
Scroll Up