• Register
Home  //  Profil  //  Tentang Kami
Sekilas Perusahaan
PDF
Print
E-mail

PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (PT BJTI) adalah salah satu Anak Perusahaan dari PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang didirikan pada tanggal 9 Januari 2002 dan lahir dari hasil Spin Off (Pemisahan) Divisi Usaha Terminal PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak.

Fokus utama PT BJTI pada saat ini adalah menangani Jasa Kepelabuhanan termasuk didalamnya Kegiatan Bongkar Muat Petikemas Domestik di Terminal Berlian Tanjung Perak Surabaya, selain itu PT BJTI juga menghandle kegiatan penunjang lain yang berhubungan dengan jasa kepelabuhanan sepeti pelayanan gudang konsolidasi impor dan jasa layanan plug untuk reefer container.

Sejak berdiri, PT BJTI telah bertransformasi menjadi salah satu perusahaan jasa kepelabuhanan yang andal dan terpercaya, terbukti dengan dikukuhkannya PT  BJTI sebagai sebagai Badan Usaha Pelabuhan (BUP) oleh Menteri Perhubungan melalui  Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor : KP. 410 Tahun 2010 pada tanggal 27 September 2010.

Saat ini BJTI PORT memiliki beberapa anak perusahaan antara lain PT Berlian Manyar Sejahtera (PT BMS), PT Pelindo Property Indonesia (PT PPI), PT Berkah Mesin Angkat (PT BIMA), PT Terminal Curah Semarang (PT TCS), dan beberapa afiliasi dantara lain PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera(PT BKMS), PT Terminal Nilam Utara (PT TNU), PT Pelindo Energi Logistik (PT PEL), PT Prima Citra Nutrindo (PT PCN), PT Energi Manyar Sejahtera (PT EMS).

Adapun riwayat PT BJTI dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Tahun 1974

Didirikan Unit Terminal oleh Departemen Perhubungan sebagai Badan Pengusahaan Pelabuhan (BPP) Unit Terminalberfungsi sebagai dinamisator dan stabilisator kelancaran arus barang di Pelabuhan yang melayani kegiatan bongkarmuat barang yang tidak dapat ditangani oleh PBM Umum/Swasta

Tahun 1974

Unit Terminal berubah menjadi Divisi Usaha Terminal Serbaguna (DUTS) pada saat Badan Pengusahaan Pelabuhan berubah menjadi Perusahaan Umum Pelabuhan

Tahun 2002

PT Pelabuhan Indonesia III (;Persero) pada tanggal 9 Januari 2002 membuat keputusan strategis dengan mendirikan anak perusahaan yang bernama PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (PT BJTI), PT BJTI merupakan hasil SpinOff dari Divisi Usaha Terminal Serbaguna (DUTS)

Tahun 2010

Status PT Berlian Jasa Terminal Indonesia sebagai operator pelabuhan dikukuhkan oleh Menteri Perhubungan melalui Surat Keptusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor : KP. 410 Tahun 2010 Tanggal 27 September 2010 tentang Pemberian Ijin usaha kepada PT Berlian Jasa Terminal Indonesia sebagai Badan Usaha Pelabuhan. Pada Tahun 2010 kegiatan bongkar muat di Terminal Berlian 100% Full Handling oleh PT Berlian Jasa Terminal Indonesia.

Tahun 2015

Pada Tanggal 5 Juni 2015, PT Berlian Jasa Terminal Indoensia melakukan Rebranding menjadi “BJTI PORT” dengan semangat baru berdasarkan tagline “Denyut Nadi Kehidupan Negeri”

Tahun 2019

PT Berlian Jasa Terminal Indonesia melakukan penyesuaian Budaya Perusahaan melalui Keputusan Direksi PT Berlian Jasa Terminal Indonesia Nomor : KEP.009-00/VII/BJTI-2019 Tentang Tata Kelola Penerapan Budaya Perusahaan Di Lingkungan PT Berlian Jasa Terminal Indonesia dengan mengusung Budaya Perusahaan yaitu “Perubahan Untuk Negeri”


BUDAYA PERUSAHAAN :

Untuk mewujudkan Visi, Misi serta Tujuan Perusahaan yang telah ditetapkan, manajemen Perusahaan menyadari perlunya dukungan budaya organisasi yang selaras dengan karakteristik bisnis, lingkungan bisnis, dan strategi Perusahaan yang telah dirumuskan dalam Keputusan Direksi PT Berlian Jasa Terminal Indonesia Nomor : KEP.009-00/VII/BJTI-2019 Tentang Tata Kelola Penerapan Budaya Perusahaan Di Lingkungan PT Berlian Jasa Terminal Indonesia. Adapun Budaya Perusahaan PT Berlian Jasa Terminal Indonesia adalah sebagai berikut :

  1. Budaya Perusahaan dirumuskan dalam kalimat singkat, yakni “Perubahan Untuk Negeri” yang memiliki makna sebagai berikut :
    1. Perusahaan selalu berupaya untuk melakukan perubahan yang positif guna meningkatkan mutu pelayanan dan kinerja berjalannya roda perekonomian di Indonesia;
    2. Perusahaan selalu berupaya untuk memberikan jasa kepelabuhanan di atas standar yang ditetapkan;
    3. Pegawai sebagai komponen penting dalam perusahaan selalu berupaya melakukan perubahan yang positif untuk membentuk Budaya Perusahaan yang Bersih, Unggul dan Bahagia.
    4. Nilai Inti Biudaya Perusahaan PT Berlian Jasa Terminal Indonesia terdiri dari :
      1. BERSIH, yang bermakna selalu mengutamakan prinsip kejujuran, kesehatan dan keselamatan kerja dalam melakukan setiap pekerjaan;
      2. UNGGUL, yang bermakna selalu berupaya memberikan jaa pelayanan terbaik baik dalam lpelayanan operasional, peningkatan kualitas SDM dan selalu menunjukkan Dedikasi dan Integritas kerja di atas standar perusahaan sejenis;
      3. BAHAGIA, yang bermakna bahwa seluruh komponen dalam Perusahaan selalu memiliki semangat yang tinggi untuk memberikan pelayanan terbaik (Best Effort) dalam setiap kegiatan usahanya untuk kemajuan Perusahaan dan Negeri.
      4. Nilai inti Budaya perusahaan sebagaimana ayat (2) Pasal ini dapat disingkat menjadi “BerUBah”;

 

MAKNA LOGO PERUSAHAAN :

Juni 2015, PT Berlian Jasa Terminal Indonesia resmi melakukan re-branding baru dengan meluncurkan sebutan baru yaitu “BJTI PORT”, adapun makin dari logo BJTI PORT adalah :

  1. Aliran hidup yang dinamis dari satu titik ke titik lain;
  2. Bertumpu di BJTI PORT, sebagai pelabuhan yang menjadi titik temu aliran pelabuhan;
  3. Menciptakan denyut kehidupan menjadi penghubung kehidupan bangsa dengan menjadi penyedia solusi logistik terpercaya.

 

MANAJEMEN




 

 



Last Updated on Monday, 25 October 2021 12:28
 

Our Location and Operating Hours

Our Address:
Pelindo Place Office Tower
Jl. Perak Timur No.478, Perak Utara, Kec. Pabean Cantikan
Kota Surabaya, Jawa Timur 60165, Indonesia
Hours of Operation:
Billing : Mon - Fri : 8am to 7pm and Sat - Sun : 8am to 3pm
Operation : 24 Hours

Statistics

Content View Hits : 1043378

Guests Online

We have 129 guests online
Scroll Up